Pengintegrasian karakter dalam pembelajaran dilakukan untuk mencegah terjadinya degradasi nilai-nilai etika dan moral dikalangan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together terintegrasi karakter rasa ingin tahu terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Petompon 01 Kota semarang. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IV A dan Kelas IV B. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar penilaian validator, tes hasil belajar dan lembar pengamatan karakter. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis data kevalidan perangkat pembelajaran, analisis data instrument tes hasil belajar dan uji pengaruh. Hasil analisis data : 1) Perangkat pembajaran matematika yang telah diimpementasikan valid berdasarkan penilaian ahli, 2) terdapat 14 butirsoal yang akan digunakan untuk mengukur prestasi belajar siswa, 3) uji pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together terintegrasi karakter rasa ingin tahu terhadap prestasi belajar posttest dengan menggunakan uji regresi sederhana diperoleh nilai sig. = 0,000 dimana 0,000 0,05 sehingga H0 ditolak. Artinya terdapat pengaruh karakter rasa ingin tahu (X) terhadap prestasi belajar posttest (Y). Selain itu diperoleh persamaan regresi Y = -26,291 + 1,311x. Persamaan regresi dijadikan sebagai dasar prediksi prestasi belajar posttest (Y) jika diketahui karakter rasa ingin tahu (X).
Copyrights © 2018