Jurnal Pelita PAUD
Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Pelita PAUD

PENGARUH CONSTRUCTIVE PLAY TERHADAP KEMAMPUAN PENGENALAN GEOMETRI DAN KLASIFIKASI PADA ANAK USIA 4 – 5 TAHUN

Koesmadi, Dita Primashanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh constructive play terhadap kemampuan pengenalan  geometri anak usia 4-5 tahun, dan (2) pengaruh constructive play terhadap kemampuan pengenalan  klasifikasi anak usia 4-5 tahun. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu atau quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini semua kelompok A TK/RA di Desa Tambakromo Kecamatan Geneng Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Sampel dalam penelitian ini adalah kelompok A TK Alam Ceria dan kelompok A TK Negeri Pembina. Teknik pengambilan sample penelitian menggunakan stratified random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi. Analisis data dengan menggunakan uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test dengan bantuan SPSS 16 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh kegiatan constructive  play terhadap kemampuan pengenalan geometri pada anak usia 4-5 tahun, yaitu dengan diperoleh nilai t hitung uji paired t-test kelompok kontrol sebesar -1,822 ≤ t tabel sebesar 1,740, pada kelompok eksperimen diperoleh t hitung sebesar -19,647 ≤ t tabel sebesar 1,746, dan pada uji independent t-test diperoleh nilai t hitung sebesar -13,531 ≤ t tabel sebesar1,697, (2) terdapat  pengaruh kegiatan constructive  play terhadap kemampuan pengenalan klasifikasi pada anak usia 4-5 tahun, yaitu dengan diperoleh nilai t hitung uji paired t-test kelompok kontrol sebesar -2,529 ≤ t tabel sebesar 1,740, pada kelompok eksperimen diperoleh t hitung sebesar -11,172 ≤ t tabel sebesar 1,746, dan pada uji independent t-test diperoleh nilai t hitung sebesar -13,089 ≤ t tabel sebesar1,697.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pelitapaud

Publisher

Subject

Education Neuroscience Other

Description

Jurnal Pelita PAUD adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi PGPAUD STKIP Muhammadiyah Kuningan pada tahun 2016, terbit dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Jurnal Pelita PAUD memuat beragam disiplin ilmu pendidikan PAUD, terutama dalam lingkup teori PAUD, praktek ...