Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran proses kemampuan membaca Al Qur’an anak dengan menggunakan permainan kartu huruf hijaiyah di kelompok B di TK IT Darul Amanah Purwawinangun, Kabupaten Kuningan. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek dalam penelitian ini anak-anak TK IT Darul Amanah berjumlah 14 orang anak, yang terdiri dari 6 laki-laki dan 8 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, pengambilan data secara kualitatif. Berdasarkan analisis data penelitian siklus I diperoleh hasil yaitu (42 %) kategori lancar, (28%) kategori kurang lancar, dan (28 %) kategori belum lancar. siklus II diperoleh hasil yaitu (92%) kategori lancar dan (8%) kategori kurang lancar. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyimpulkan bahwa dengan permainan kartu huruf hijaiyah dapat meningkatkan kemampuan membaca alquan anak dan juga meningkatkan kinerja guru.
Copyrights © 2018