SJME (Supremum Journal of Mathematics Education)
Vol 2 No 2 (2018): Juli 2018

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Confidence Siswa SMP

Harry Dwi Putra (Program Studi Pendidikan Matematika, IKIP Siliwangi)
Wanda Anggeraeni Solihin Putri (Program Studi Pendidikan Matematika, IKIP Siliwangi)
Ulsan Fitriana (Program Studi Pendidikan Matematika, IKIP Siliwangi)
Fitrie Andayani (Program Studi Pendidikan Matematika, IKIP Siliwangi)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2018

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah melatih siswa dalam memahami masalah, merencanakan penyelesaian, menyelesaikan masalah, dan menafsirkan solusi. Siswa yang memahami konsep matematika memiliki kepercayaan diri yang tinggi dalam menyelesaikan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah dan self-confidence siswa pada materi aritmatika sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah, pedoman wawancara, dan skala self-confidence. Subjek pada penelitian ini sebanyak 35 siswa pada salah satu SMP. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa masih rendah. Sebagian besar siswa kesulitan dalam memahami masalah, hanya setengah dari siswa yang dapat merencanakan penyelesaian, menyelesaikan masalah, dan menafsirkan solusi. Self-confidence siswa dalam pelajaran matematika tergolong baik. Meskipun kemampuan pemecahan masalah siswa masih rendah, tidak melemahkan kepercayaan diri mereka dalam menemukan solusi dari masalah. 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

supremum

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) is a journal of mathematics education that publishes research papers and studies in the field of mathematics education. SJME is a biannual (January and July), peer-reviewed, open access journal, edited by the Mathematics Education, Faculty of Teacher ...