Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
Vol 2 No 4 (2018): Volume 2, Nomor 4, Oktober 2018

Meningkatkan Kompetensi Guru BK dalam Melaksanakan Layanan Bimbingan Klasikal melalui Supervusi Akademik

Hariyanto Hariyanto (Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas pelaksanaan supervisi akademik dalam upaya meningkatkan kompetensi guru BK dalam melaksanakan layanan bimbingan klasikal di kelas pada sekolah binaan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang terselesaikan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan dalam dua siklus yang melibatkan guru bimbingan konseling SMPN 1 Kanigoro , SMPN 1 Wlingi dan SMPN 2 Wlingi Kabupaten Blitar dengan indikator keberhasilan >90.0. Penelitian ini diawali dengan pelaksanaan supervisi akademik pelaksanaan bimbingan klasikal kepada guru BK SMP sesuai dengan jadwal yang telah dibuat. Setelah dilakukan penelitian tindakan sekolah, dapat disimpulkan bahwa kompetensi guru BK melaksanakan program bimbingan konseling sangat penting dan wajib dilaksanakan di sekolah dan semua sekolah melaksanakan program bimbingan dan konseling yang direncanakan dan dibuat, walaupun masih ada guru yang berlatar belakang bukan bimbingan konseling.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Riset_Konseptual

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual is a scientific journal published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar c.q. Faculty of Science Education. This journal appears in both electronic and printed versions. This journal is published 4 (four) times a year ie January, April, July, October. This ...