Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (Jartika)
Vol 1 No 1 (2018): Vol. 1 No. 1 (Januari) 2018

Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Melalui Pembelajaran Kooperatif Model TPS Pada Siswa Kelas IV SD

Misata, Misata (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2018

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif model Think-Pair-Share terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan social terhadap Siswa Kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis data didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (60,71%), siklus II (75,00%), dan siklus III (89,29%). Sehingga simpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif model Think-Pair-Share dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pada ilmu pengetahuan sosial

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jartika

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA | ISSN 2622-2159 (Online) | ISSN 2622-4763 (Print) )adalah Jurnal Kajian, Penelitian, dan Pengembangan Kependidikan diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Rekarta Mataram bekerjasama dengan UNW Mataram, UIN Mataram, dan UM Mataram. ...