Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (Jartika)
Vol. 2 Special Issues (Januari) 2019

Peningkatan Hasil Belajar Pemecahan Masalah Melalui Model Problem Based Learning Berbasis Karakter

Susriyati, Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menerapkan model PBL berbasis karakter di kelas 5 SDN Salatiga 01. Ada 43 siswa, tetapi hanya 44,2% (19 siswa) mendapat skor di atas kriteria minimum kemahiran (KKM). Sementara 55,8% (21 siswa) mendapat skor di bawah KKM. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan menggunakan model stringer. Instrumen pengumpulan data menggunakan instrumen pertanyaan, lembar observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan tiga tahap. Tahapan terdiri dari look, think, dan act. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas 5 SDN Salatiga 01. Hasil kelengkapan hasil belajar matematika pada siklus I adalah 62,8% dan pada siklus II 76,7%. Hasil belajar matematika siswa pada siklus kedua lebih baik daripada hasil belajar matematika pada siklus pertama. Berdasarkan hasil, penerapan model PBL berbasis karakter meningkatkan hasil belajar matematika di kelas 5 SDN Salatiga 01.    

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jartika

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA | ISSN 2622-2159 (Online) | ISSN 2622-4763 (Print) )adalah Jurnal Kajian, Penelitian, dan Pengembangan Kependidikan diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Rekarta Mataram bekerjasama dengan UNW Mataram, UIN Mataram, dan UM Mataram. ...