Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (Jartika)
Vol 1 No 1 (2018): Vol. 1 No. 1 (Januari) 2018

Meningkatkan prestasi belajar Siswa Kelas XI SMP Pada Materi Pangkat dan Akar Menggunakan Metode Diskusi

Rahman, Rahman (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan metode diskusi pada materi Pangkat dan Akar dapat meningkatkan prestasi belajar sisiwa kelas IX di SMP Negeri 1 Pujut. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data berupa lembar observasi, tes berpikir kritis dan hasil belajar kognitif. Pada siklus pertama, prestasi belajar siswa rata-rata 63,92 dan pada siklus pertama yang tuntas ada 12 siswa (48%), yang tidak tuntas ada 13 siswa (52%). Pada siklus kedua, prestasi belajar siswa rata-rata 82,04 dan pada siklus ketiga yang tuntas ada 22 siswa (88%), yang tidak tuntas ada 3 siswa (12%). Disimpulkan bahwa ada peningkatan prestasi belajar siswa dari siklus pertama sampai siklus kedua. Dengan demikian metode diskusi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IX 2 pada materi Pangkat dan Akar.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jartika

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA | ISSN 2622-2159 (Online) | ISSN 2622-4763 (Print) )adalah Jurnal Kajian, Penelitian, dan Pengembangan Kependidikan diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Rekarta Mataram bekerjasama dengan UNW Mataram, UIN Mataram, dan UM Mataram. ...