Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (Jartika)
Vol 1 No 1 (2018): Vol. 1 No. 1 (Januari) 2018

Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX pada Materi Bangun Sisi Lengkung Melalui Metode Demonstrasi

Neyim, Neyim (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan metode demonstrasi pada materi Bangun sisi lengkung dapat meningkatkan prestasi belajar sisiwa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data yang digunakan lembar observasi, tes berpikir kritis dan hasil belajar kognitif. Pembelajaran pada siklus pertama, prestasi belajar siswa rata-rata 62,72 dan pada siklus pertama yang tuntas ada 12 siswa (48%), yang tidak tuntas ada 13 siswa (52%). Dalam pembelajaran pada siklus kedua, prestasi belajar siswa rata-rata 77,48 dan pada siklus kedua yang tuntas ada 16 siswa (64%) dan yang tidak tuntas ada 9 siswa (36%). Disimpulkan bahwa ada peningkatan prestasi belajar siswa dari siklus pertama sampai siklus kedua. Dengan demikian metode Demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IX pada materi Bangun sisi lengkung.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jartika

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA | ISSN 2622-2159 (Online) | ISSN 2622-4763 (Print) )adalah Jurnal Kajian, Penelitian, dan Pengembangan Kependidikan diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Rekarta Mataram bekerjasama dengan UNW Mataram, UIN Mataram, dan UM Mataram. ...