Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan metode demonstrasi pada materi Bangun sisi lengkung dapat meningkatkan prestasi belajar sisiwa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data yang digunakan lembar observasi, tes berpikir kritis dan hasil belajar kognitif. Pembelajaran pada siklus pertama, prestasi belajar siswa rata-rata 62,72 dan pada siklus pertama yang tuntas ada 12 siswa (48%), yang tidak tuntas ada 13 siswa (52%). Dalam pembelajaran pada siklus kedua, prestasi belajar siswa rata-rata 77,48 dan pada siklus kedua yang tuntas ada 16 siswa (64%) dan yang tidak tuntas ada 9 siswa (36%). Disimpulkan bahwa ada peningkatan prestasi belajar siswa dari siklus pertama sampai siklus kedua. Dengan demikian metode Demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IX pada materi Bangun sisi lengkung.
Copyrights © 2018