Jurnal CoreIT
Vol 4, No 1 (2018): Juni 2018

Aplikasi M-Commerce Berbasis Android Sebagai Media Informasi dan Penjualan Kambing

Waluyo, Retno (Unknown)
Karini, Zulia (Unknown)
Purnomo, Kharis Ardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2018

Abstract

Hewan Kambing merupakan salah satu hewan yang banyak diminati oleh masyarakat untuk keperluan upacara agama atau dikonsumsi, permintaan hewan kambing meningkat pada saat menjelang hari raya idul adha untuk keperluan qurban. Untuk mendapatkan hewan kambing pembeli mencari di pasar hewan yang hanya buka 2 kali dalam satu minggu. Adanya biaya operasional dan Calo menjadikan harga dipembeli menjadi mahal, kurangnya media untuk mengetahui informasi peternak kambing dan harga kambing belum ada menjadikan pembeli mendapatkan harga yang mahal. Tujuan penelitian ini membangun aplikasi m-commerce berbasis android sebagai media informasi dan penjualan kambing yang dapat mempertemukan antara pembeli dan peternak kambing, sehingga pembeli mendapatkan harga yang murah, terhindar dari Calo dan pembeli mendapatkan kambing yang berkualitas. Metode yang digunakan untuk pengembangan perangkat lunak menggunakan model sekuensial linier dengan tahapan analisis, desain, kode, dan pengujian. Hasil dari penelitian ini aplikasi m-commerce yang digunakan sebagai media informasi dan penjualan kambing, aplikasi m-commerce dilakukan pengujian Blackbox dinyatakan aplikasi ini dapat digunakan. Pengujian selanjutnya untuk mengetahui kelayakan oleh pengguna dengan kuesioner yang dibagikan kepada 30 orang responden, Hasil peritungan memperoleh rating scale sebesar 71,5%, dengan demikian aplikasi sudah layak untuk digunakan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

coreit

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal CoreIT: Jurnal Hasil Penelitian Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi published by Informatics Engineering Department – Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau with Registration Number: Print ISSN 2460-738X | Online ISSN 2599-3321. This journal is published 2 (two) times a year ...