Ijtimaiyah: Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya
Vol 2, No 1 (2018): IJTIMAIYAH

EPISTEMOLOGI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI INDONESIA

Ahmad Khairuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 May 2018

Abstract

Abstrak. Epistemologi pendidikan multikultural di Indonesia sebuah konsep atau pemikiran bagaimana bisa terintegrasi di pendidikan nasional. Pendidikan multikultural sangat penting dalam pendidikan di Indonesia karena pendidikan ini menekankan sikap empati, meningkatkan kepercayaan diri, menambah paparan keberagamaan sebagai pijakan indonesia yang sangat multikultur. Bhineka tunggal ika. Pendidikan multikultural dalam struktur pendidikan tidak adanya kebijakan yang menghambat toleransi, termasuk tidak adanya penghinaan terhadap ras, etnis dan jenis kelamin. Juga, harus menumbuhkan kepekaan terhadap perbedaan budaya, di antaranya mencakup pakaian, musik dan makanan kesukaan. Selain itu, juga memberikan kebebasan bagi anak dalam merayakan hari-hari besar umat beragama serta memperkokoh sikap anak agar merasa butuh terlibat dalam pengambilan keputusan secara demokratis.Kata Kunci : Epitemologi, Pendidikan, Mutikultural

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ijtimaiyah

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal ini merupakan jurnal Pendidikan dan penelitian berbasis sosial dan budaya. (P-ISSN : 2541-660x dan E-ISSN: 2829-6877) diterbitkan oleh Prodi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN SU Medan. Jurnal Ijtimaiyah Ilmu Sosial dan Budaya ini tidak hanya menerima ...