JURNAL KEGURUAN
Vol 5, No 1 (2017)

Perbedaan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Media Peta Konsep dan Media Audio Visual Pada Materi Pokok Sistem Peredaran Darah Manusia di Kelas XI SMAN 2 Medan

Pandu Prabowo (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2018

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan media peta konsep dan media Audio-Visual pada sub materi pokok sistem peredaran darah manusia kelas XI SMAN 2 Medan dengan melakukan pengajaran menggunakan media peta konsep dan pengajaran menggunakan media Audio-visual. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitian hanya 2 kelas yaitu sebanyak 80 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara purposif sampling Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan media audio-visual daripada pengajaran menggunakan media peta konsep, dimana diperoleh ????̅1=7,506 dan SD ????̅1=0,888 untuk multimedia berbasis komputer, sedangkan untuk pengajaran konvensional diperoleh ????̅2=5,925 dan SD ????̅2=1,511. Sedangkan persentase peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 33,96% dan persentase peningkatan kelas kontrol sebesar 30,20%. Hasil analisis data menunjukkan tact ttable (5,43 2,00). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media audio-visual terhadap hasil belajar biologi pada materi pokok sistem peredaran darah manusia kelas XI IPA SMA N 2 Medan.Kata Kunci: Hasil Belajar Biologi, Media Peta Konsep dan Media Audio Visual, Sistem Peredaran Darah Manusia

Copyrights © 2017