Lectura : Jurnal Pendidikan
Vol. 8 No. 2 (2017): Lectura: Jurnal Pendidikan

Analisis Kesopanan Berbahasa terhadap Kemampuan Tindak Tutur Mahasiswa

Syahdan Syahdan (Unknown)
Destina Kasriyati (Unknown)
Refika Andriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2017

Abstract

Sebagai makhluk sosial, manusia menggunakan bahasa untuk berkomunikasi secaralisan maupun tulisan. Pada prinsipnya bahasa memiliki dua kategori yaitu bahasa yangdisampaikan menggunakan tindak tutur yang sopan dan tidak sopan. Kemudianpenelitian ini bertujuan untuk mengetahui wujud kesopanan tindak tutur mahasiswaSemester VII Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lancang Kuningdalam melaksanakan ujian proposal dan skripsi. Penelitian ini menggunakan pendekatandeskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan yaitu rekaman di dalam seminarproposal atau skripsi yang dilakukan oleh mahasiswa semeseter VII yang mengikutiujian. Berdasarkan data yang diperoleh dari penilitian bahwa partisipan atau mahasiswayang sedang ujian proposal dan skripsi dalam memberikan informasi sangat beragamyaitu dengan memberikan informasi yang sesuai dengan fakta terdiri dari 7 informasidengan menggunakan maxim of quantity dan 6 memberikan informasi yang tidakrelevan atau tidak sesuai dengan fakta, kemudian untuk maxim quality terdiri dari 4informasi yang diberikan dengan jelas dan berkualitas sesuai dengan pertanyaan yangdiberikan. Sedangkan untuk maxim of manner tidak terlihat pada penelitian yangdilakukan pada mahasiswa semester 7 dalam mengikuti ujian proposal. Dapatdisimpulkan bahwa mahasiswa semester VII Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Lancang Kuning memiliki kemampuan tindak tutur yang baik, sehinggadapat dikatakan bahwa kesopanan mereka dalam berkomunikasi dengan lawan bicaratergolong baik.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

lectura

Publisher

Subject

Arts Humanities Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Lectura: Jurnal Pendidikan is a scientific journal containing research articles in education scope. Lectura is published twice a year (February and August) by Faculty of Teachers Training and Education University of Lancang ...