Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika

MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIK SISWA SMP MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROBLEM POSSING MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW

Mei Chayati (IKIP siliwangi cimahi)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematik siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, karena ada perlakuan dimana kelas yang satu memperoleh Pendekatan Problem posing melalui model pembelajaran tipe jigsaw dan kelas yang kedua mendapatkan metode pembelajaan biasa. Untuk kemampuan penalaran matematik siswa menggunakan tes uraian kemampuan penalaran matematik. Tempat penelitian dilaksanakan di SMP Budi Bhakti Utama Padalarang tahun ajaran 2017/2018 kelas VIII yang berjumlah 35 siswa. Proses yang dianalisis adalah poses jawaban siswa pada setiap soal yang mengukur indikator penalaran matematik dan hasil wawancara dengan siswa. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan penalaran matematik siswa SMP yang menggunakan pendekatan Problem possing melalui pembelajaran tipe jigsaw lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan metode pembelajaan biasa. Dimana setiap indikator soal yaitu Mengajukan dugaan dan melakukan manipulasi matematika, Memeriksa kesahihan suatu argumen, Mengajukan dugaan dan melakukan manipulasi matematika, Mampu menyelesaikan soal tersebut dan mampu menggambarkan sketsa soal matematika, dan Kemampuan memberikan alasan terhadap beberapa solusi

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...