JEMST: Journal of Education in Mathematics, Science, and Technology
Vol. 1 No. 1 (2018): JEMST Vol 1 No 1 2018

Penerapan Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Instruction) untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kerinci

Rima Meslita (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Univeritas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2018

Abstract

Pencapaian hasil belajar siswa SMAN 1 Kerinci yang kurang memuaskan disebabkan oleh pembelajaran yang berpusat pada guru. Selain itu, siswa kurang mampu memecahkan masalah, sehingga kemampuan koneksi siswa menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh problem based instruction terhadap kemampuan koneksi matematika, khususnya pada materi trigonometri.Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan 2 kelas. Kelas eksperimen menggunakan problem based instruction sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Setiap kelas dibagi menjadi 2 bagian yaitu siswa berkemampuan tinggi dan berkemampuan rendah, sehingga desain penelitian ini menggunakan desain faktorial 2x2. Data yang dianalisis adalah pretest dan postest. Data dianalisis menggunakan Anava 2 jalur dan U mann Whitney. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) kemampuan koneksi siswa pada pembelajaran matematika menggunakan problem based instruction lebih tinggi daripada menggunakan metode konvensional. 2) Tidak ada perbedaan kemampuan koneksi siswa yang berkemampuan akademik tinggi dan rendah. 3) Tidak ada hubungan antara hasil pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap kemampuan koneksi siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jemst

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

JEMST: Journal of Education in Mathematics, Science, and Technology are novelty, quality, and general interest in research and studies of Education. JEMST is a journal that contains the results of research and studies in Mathematics Education: topics of didactic development research (DDR), research ...