Journal of Islamic Nursing
Vol 3 No 1 (2018): Journal Of Islamic Nursing

PERBEDAAN EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN MEDIA FACEBOOK DAN MEDIA LEAFLET TERHADAP MOTIVASI BERHENTI MEROKOK PADA REMAJA

MIftahu Rahmah (Unknown)
Huriati Huriati (Unknown)
Arbianingsih Arbianingsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2018

Abstract

Saat ini perilaku merokok merupakan suatu gejala yang dapat kita lihat setiap hari disegala tempat seperti dijalanan, tempat keramaian, bus kota, rumah sakit dan lain sebagainya. Semua orang mengetahui akan bahaya yang dapat ditimbulkan dari merokok, tetapi perilaku merokok tidak pernah surut.Desain penelitian ini yaitu Quasi Eksperiment dengan 20 responden yang dipilih secara Total Sampling. Instrument yang digunakan untuk mengukur motivasi adalah kuesioner dan analisa data menggunakan uji statistik Paired T-test dan Independent T-test.Hasil penelitian menunjukkan pendidikan kesehatan melalui media facebook (nilai p 0,001 < α 0,05), pendidikan kesehatan menggunakan media leaflet (nilai p 0,002 < α 0,05) berarti terdapat perbedaan bermakna motivasi berhenti merokok remaja pre-test dan post-test pendidikan kesehatan dengan menggunakan media facebook dan media leaflet. Untuk perbandingan efektivitas di kedua media dengan nilai p= 0,063 atau p>0,05 yang artinya tidak terdapat perbedaan pendidikan kesehatan antara media facebook dan media leaflet. Dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan motivasi berhenti merokok pada remaja dapat menggunakan pendidikan kesehatan media facebook dan media leaflet. Peneliti berharap pada peneliti selanjutnya agar lebih mengontrol sumber informasi lain agar tidak menjadi perancu dan memberikan bahan pendidikan kesehatan dengan konten yang sama. 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

join

Publisher

Subject

Nursing

Description

Journal of Islamic Nursing (JOIN) merupakan salah satu media yang digunakan untuk meregistrasi, mendesiminasi, dan mengarsipkan karya berbasis ilmu keperawatan yang terintegrasi dengan Islam yang dihasilkan oleh perawat peneliti di ...