Journal of Teaching and Learning Physics
Vol 1, No 1 (2016): Journal of Teaching and Learning Physics (Februari 2016)

IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK THREE-TIER PADA HUKUM NEWTON DAN PENERAPANNYA

Soraya Kamal (UIN Syarif Hidayatullah)
Diah Mulhayatiah (Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui integrasi model pembelajaran kooperatif berdasarkan pemahaman tentang masalah-masalah siswa dalam konsep fluida dinamis. Penelitian ini dilakukan di kelas XI-A1 dan XI-A2 di SMAN 10 Depok. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2016. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes yang berupa esai. Uji data instrumen akan dianalisis secara kuantitatif. Penggabungan data, diperoleh hasil bahwa ada interaksi model yang kooperatif berdasarkan hasil pemecahan masalah siswa dalam konsep cairan fluida.Hasil pengujian hipotesis terhadap data posttest menunjukkan bahwa nilai tanda adalah 0,014 dan nilai α adalah 0,05. Ini menunjukkan tanda yang lebih rendah dari α, jadi Ha diterima. Rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif berdasarkan jawaban yang lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa tanpa masalah. Hasil dari pembelajaran siswa kelas eksperimen unggul dalam setiap tes indikator dengan kategori N-gain tinggi dan sedang.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jtlp

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JoTaLP: Journal of Teaching and Learning Physics is a peer-reviewed journal on Physics Education field and intended to communicate original research and current issues on the subject. This journal is published by Departement of Physics Education Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati ...