Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
Vol 9, No 2 (2018): Oktober

PENENTUAN PENERIMA KINERJA DOSEN AWARD MELALUI METODE TSUKAMOTO DENGAN KONSEP LOGIKA FUZZY

Erlangga Erlangga (Universitas Bandar Lampung)
Yanuarius Yanu Dharmawan (Universitas Bandar Lampung)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2018

Abstract

Pengelolaan terhadap kinerja dosen merupakan suatu upaya penting yang perlu dilakukan. Kompensasi merupakan satu dari sekian banyak cara dalam meningkatkan prestasi kerja, motivasi, dan kepuasan kerja di lingkungan perguruan tinggi. Salah satu sistem kompensasi tersebut dapat berupa pemberian penghargaan secara langsung.Namun pada prakteknya dalam penentuan penerima penghargaan ini sering kali tidak objektif salah satunya karena adanya kedekatan fisik maupun kedekatan emosi. Selain dirasa memang cukup sulit, penentuan penerima penghargaan ini terkadang terkendala karena tidak adanya approach yang terukur dan metode untuk membantu menentukan penerima penghargaan tersebut.Sebagai solusi permasalahan tersebut maka akan diterapkan algoritma Fuzzy Inference System (FIS) Tsukamoto yang akan digunakan untuk mendukung pengambilan keputusan dalam penentuan pemberian penghargaan sebagai bentuk apresiasi kinerja dosen. Metode ini terdiri dari empat tahapan: pembentukan himpunan fuzzy (fuzzification), pembentukan rules (inference), aplikasi fungsi implikasi serta hasil output (defuzzification).Dengan menerapkan algoritma FIS Tsukamoto diharapkan dapat membantu memberikan keputusan siapa yang berhak dan pantas untuk menerima penghargaan sebagai bentuk apresiasi kinerja dosen yang paling sesuai dengan pemenuhan kriteria penilaian dan dapat memberikan hasil yang lebih akurat. 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

explore

Publisher

Subject

Other

Description

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika menyajikan artikel/naskah dalam bidang teknologi informasi khususnya dalam Fokus pada 5 kelompok keilmuan di Informatika yaitu : Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) Sistem Informasi, Jaringan, Multimedia dan ...