JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 6 No 2 (2018): Vol.6.No.2.2018

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS V SDN 106830 BERINGIN MELALUI STORY TELLING

Habib Rahmansyah (Institut Pendidikan Tapanuli Selatan)
Gabby Maureen Pricilia (Institut Pendidikan Tapanuli Selatan)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini merupakan eksperimen dengan disain pretest-posttest melalui metode story telling dalam pembelajaran bahasa Inggris terhadap siswa sekolah dasar. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 106830. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis cerita seperti apa yang sesuai untuk siswa sekolah dasar dan bagaimana mengimplementasikan serta apa kendala dan solusi yang perlu diambil. Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas dengan hasil observasi kelas sebagai hasil selama tindakan, interview kepada guru dan siswa juga dilakukan untuk mendapatkan data yang akurat untuk melengkapi data dari observasi kelas. Hasil penelitian ini menemukan bahwa siswa kelas story telling mencapai nilai lebih baik, siswa menyatakan bahwa dengan metode bercerita, mereka merasa termotivasi belajar bahasa Inggris, senang dengan aktivitas kelas, suasana kelas yang kondusif, dan proses pembelajaran menyenangkan.Berdasarkan masalah yang telah diidentifikasi dan dirumuskan, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan yang terdapat di dalam rumusan masalah, yaitu untuk mengetahui model cerita yang sesuai untuk siswa SD, mengetahui cara untuk mengimplementasikan model pembelajaran berbasis cerita kepada siswa SD dan untuk mengidentifikasi masalah dan mencari solusi yang tepat untuk perbaikan

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...