Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika
Vol 1, No 1 (2016)

Pengaruh Pendekatan Metakognitif terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA

Safari, Safari (Unknown)
Cahyono, Edi (Unknown)
Kadir, Kadir (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2019

Abstract

Kemampuan penalaran matematis siswa masih rendah. Guru belum mampu melatih siswa untuk bernalar secara matematis. Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa antara yang diajar dengan pendekatan metakognitif dan yang diajar dengan pendekatan konvensional. Penelitian eksperimen ini menggunakan posttest-only design pada dua kelas VIII SMAN 8 Konawe Selatan yang berkemampuan awal matematika sama. Data diperoleh melalui tes dan lembar observasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial pada a = 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan pendekatan metakognitif lebih mampu menyelesaikan soal-soal penalaran matematis dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan pendekatan konvensional. Melalui pembelajaran dengan pendekatan metakognitif siswa dapat bernalar secara tepat, mempersiapkan dan merencanakan belajar, memilih dan menggunakan berbagai strategi belajar, memonitoring penggunaan strategi, dan mengevaluasi belajar diri sendiri.

Copyrights © 2016