Jurnal Basicedu
Vol 3, No 2 (2019): April Pages 263- 849

PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KERJASAMA SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS IV SD

Anggara Marza (Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia)
Fachri Adnan (Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia)
Yanti Fitria (Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia)
Maria Montesori (Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2019

Abstract

Hasil penelitian menunujukan bahwa: (1) kemampuan berpikir kritis peserta didik yang diberi Model Project Based Learning lebih tinggi thitung = 1,91  > ttabel = 1,718; (2) Kemampuan berpikir kritis dengan pretest tinggi menggunakan Model Project Based Learning dan konvensional tidak ada perbedaan yang signifikan thitung =1,87 < ttabel = 2,56; (3) Kemampuan berpikir kritis dengan posttest rendah dan menggunakan posttest lebih tinggi t hitung =7,54 > t tabel = 2,56. Hasil penelitian menunujukan bahwa: (1) kerjasama peserta didik yang diberi Model Project Based Learning lebih tinggi thitung = 1,81  > ttabel = 1,608; (2) Kerjasama dengan postest tinggi menggunakan Model Project Based Learning dan konvensional tidak ada perbedaan yang signifikan thitung =1,77 < ttabel = 2,36; (3) Kerjasama dengan posttest rendah dan menggunakan posttest lebih tinggi t hitung =3,61 > t tabel = 2,36.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...