Jalan raya merupakan prasarana transportasi darat yang memegang peranan yang sangat penting dalam sektor perhubungan terutama untuk kesinambungan distribusi barang dan jasa. Kondisi jalan yang dinamis sering kali menyebabkan padatnya arus lalu lintas sehingga dapat menimbulkan kerawanan berupa kemacetan bahkan kecelakaan kendaraan yang melalui ruas jalan tersebut. Jumlah pergerakan pada suatu ruas jalan dapat dikaitkan dengan kepadatan arus lalu lintas pada ruas jalan tersebut yang diyakini berkorelasi dengan kecepatan kendaraan serta volume kendaraan yang terjadi per kilometer ruas jalan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari model karakteristik arus lalu lintas pada Jalan Bukit Kaminting, serta untuk mengetahui volume, kecepatan dan kepadatan kendaraan pada suatu ruas jalan. Dalam menentukan hubungan karakteristik lalu lintas yaitu volume, kecepatan dan kepadatan digunakan tiga model pendekatan yaitu Linier Greenshield, dan Eksponensial Greenberg, Logaritmik Underwood. Hasil analisis yang dilakukan terhadap ruas Jalan Bukit Kaminting didapatkan hubungan dengan menggunakan Model Greenberg: S= 71,732â11,974D, V= 71,732Dâ11,974D Ln D dan V= 400,021 Se-0,0843. Nilai volume maksimum yang terjadi adalah 1761,430 smp/km, volume tersebut terjadi pada kondisi kecepatan 11,971 km/jam dengan kepadatan 147,140 smp/km.Kata Kunci: Volume (V), Kecepatan (S), Kepadatan (D), Linear Greenshield, Eksponensial Greenberg, Logaritmik Underwood
Copyrights © 2018