Lahan Kampus Fakultas Teknik Universitas Palangka Raya merupakan lahan yang luas, akan tetapi pengelolaan lahan kampus sebagai lahan parkir masih tidak maksimal yang menyebabkan kendaraan parkir sembarangan sehingga terjadi kepadatan kendaraan pada suatu titik tertentu. Maka dari itu diperlukan penelitian kembali agar penataan lahan parkir Fakultas Teknik dapat memenuhi kebutuhan ruang yang optimal.Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan karakteristik parkir kendaraan, pola parkir yang efisien dan penataan lahan parkir pada Fakultas Teknik Universitas Palangka Raya. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menghitung volume kendaraan parkir pada jam aktif perkuliahan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis dan perhitungan maka didapat wilayah parkir dengan jumlah parkir tertinggi adalah wilayah B, dengan rincian jumlah sirkulasi parkir motor adalah 1.512 per hari dan juga merupakan wilayah parkir terluas dengan nilai 1.046 m2. Waktu parkir tertinggi per hari adalah antara pukul 10.00-11.00 WIB dengan rincian jumlah 512 motor dan 18 mobil. Indeks parkir tertinggi berada di wilayah C dengan nilai 2,184. Nilai kapasitas parkir untuk keseluruhan wilayah Kampus Fakultas Teknik untuk motor adalah 328,01 dan untuk mobil adalah 54,7. Kata Kunci: Kapasitas, Indeks Parkir, Sirkulasi Parkir
Copyrights © 2018