Bio-Lectura
Vol. 3 No. 2 (2016)

PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE BERBANTUAN READING GUIDE TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISTEM EKSKRESI PADA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 SELAT PANJANG

Sari, Martala (Unknown)
Marisa, Marisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2016

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model learningcycle berbantuan reading guide terhadap penguasaan konsep sistem ekskresi padasiswa kelas XI IPA. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 Selatpanjang tahunajaran 2014/2015 pada semester genap bulan Maret 2015. Desain penelitian yangdigunakan adalah kuasi eksperimen nonequivalent pretest-posttest control groupdesign. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 denganjumlah siswa masing-masing adalah 30 orang yang diambil dengan teknik simplerandom sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest danlembar aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan untukmenguji hipotesis komparatif dalam penelitian ini berupa t-test Independent 2Sample. Rerata N-gain pada kelas eksperimen adalah 0,76 (kategori tinggi) danpada kelas kontrol 0,48 (kategori sedang). Berdasarkan hasil uji statistikmenggunakan uji-t, terdapat perbedaan yang signifikan antara N-gain kelaseksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwaterdapat pengaruh model learning cycle berbantuan reading guide terhadappenguasaan konsep sistem ekskresi pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2Selatpanjang tahun ajaran 2014/2015.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

BL

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Bio-Lectura is a scientific journal containing research articles in Biology education scope. Bio-Lectura is published twice a year (April and October) by Faculty of Teachers Training and Education University of Lancang Kuning. The editor receives posts that have not been published in other print ...