Bio-Lectura
Vol. 4 No. 1 (2017)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING DENGAN TEKA-TEKI SILANG PADA KONSEP GERAK TUMBUHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP DA'WAH PEKANBARU T.A 2016/2017

Dinata, Marta (Unknown)
Pasaribu, Kiki Anriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2017

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh model pembelajaran Brain BasedLearning dengan Teka-Teki Silangterhadap hasil belajar siswa pada materi gerak tumbuhan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2016 di SMP Da’wah pekanbaru semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Penelitian yang digunakan adalah quasi experiment the matching only pretest-posttest control group design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIIb dan VIIIc dengan jumlah siswa masing-masing 30 orang yang diambil dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest,posttest dan lembar observasi aktivitas siswa dan aktivitas guru. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa uji T independent 2 sampel. Nilai rerata N-gain kelas eksperimen adalah 0,71 kategori tinggi dan pada kelas kontrol 0,57 kategori sedang. Berdasarkan hasil uji statistik terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Brain BasedLearningdengan Teka-Teki Silang terhadap hasil belajar siswa pada materi gerak tumbuhan VIII SMP DA’WAH Pekanbaru Tahun ajaran 2016/2017.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

BL

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Bio-Lectura is a scientific journal containing research articles in Biology education scope. Bio-Lectura is published twice a year (April and October) by Faculty of Teachers Training and Education University of Lancang Kuning. The editor receives posts that have not been published in other print ...