Bio-Lectura
Vol. 5 No. 2 (2018)

ANALISIS KORELASI TINGKAT KEJUJURAN SOSIAL DAN KEJUJURAN AKADEMIK TERHADAP NILAI IPK PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNIVERSITAS LANCANG KUNING TAHUN AJARAN 2017/2018

Wahyuni, Sri (Unknown)
Susanti, Risna (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara kejujuran sosial dan kejujuran akademik terhadap nilai IPK mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Lancang Kuning T.A 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2018. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dan populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester 4 dan 6. Sampel yang diambil sebanyak 151 mahasiswa dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang terdiri dari 30 pernyataan kejujuran sosial dan 30 pernyataan kejujuran akademik. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan terdapat korelasi positif antara kejujuran sosial terhadap nilai IPK dengan nilai (0,161) > rt (0,159) dan sig. (0,049) < α (0,05) dan juga ada korelasi positif antara kejujuran akademik terhadap nilai IPK dengan nilai (0,177) > rt (0,159) dengan sig. (0,03) < α (0,05). Berdasarkan hasil uji regresi ganda diperoleh nilai koefisien korelasi R (0,237) > rt (0,159) berarti tolak H0, persentase berkisar 23,7%, artinya terdapat korelasi positif kejujuran sosial dan kejujuran akademik terhadap nilai IPK. Uji nilai signifikan koefisien korelasi ganda Fhitung = 4,392 dan Ftabel = 3,06, maka Fh (4,392) > Ft (3,06), maka tolak H0 yang berarti terdapat korelasi yang signifikan dengan kategori rendah antara kejujuran sosial dan kejujuran akademik terhadap nilai IPK mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Lancang Kuning Tahun Ajaran 2017/2018.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

BL

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Bio-Lectura is a scientific journal containing research articles in Biology education scope. Bio-Lectura is published twice a year (April and October) by Faculty of Teachers Training and Education University of Lancang Kuning. The editor receives posts that have not been published in other print ...