Palapa: Jurnal Study Keislaman dan Ilmu Pendidikan
Vol 6 No 2 (2018): November

Penerapan Pembelajaran Means Eand Analysis Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah 2 Jombang

Ratnasari, Khurin’In (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2018

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengetahui adanya peningkatan motivasi belajar siswa melalui Penerapan Pembelajaran Means Eand AnalysisPada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah 2 Jombang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru matematika. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V1 MI Jombang - Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian adalah metode observasi, metode tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian adalah reduksi, pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah adanyapeningkatan motivasi belajar siswa melalui Penerapan Pembelajaran Means Eand Analysis yaitu:Kesiapan siswa mengikuti pelajaran pada siklus I 15 siswa (65%) pada siklus II  ada 24  siswa (94%), Keaktifan siswa dalam pelajaran pada siklus I 5 Siswa (24%)pada siklus II ada 15 siswa (60%), Kesanggupan siswa dalam mengerjakan soal 10 siswa (55%) pada siklus II ada 20 siswa (80%), siswa yang memiliki kemampuan memahami masalah penelitian  pada siklus I ada 10  siswa (55%), pada siklus II ada 24 siswa (94%), (b) Siswa yang  memiliki  kemampuan merencanakan pemecahan masalah siklus I ada 8 siswa (45 %) , pada  siklus II ada 20 siswa (80 %), (c) Siswa yang memiliki kemampuan melaksanakan pemecahan masalah pada siklus I ada 15 siswa (65% ), pada siklus II ada 25 siswa (100 % ).Berdasarkan uraian yang telah dikemukan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran means ends analysis dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pelajaran matematika.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

palapa

Publisher

Subject

Religion Education

Description

PALAPA: Jurnal studi Keislaman dan ilmu pendidikan diterbitkan oleh lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat (LP2M) STIT Palapa Nusantara Lombok Nusa Tenggara Barat melalui Koordinatorat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (Kopertais) Wilayah IV Surabaya. Jurnal ini terbit enam bulanan, ...