NUANSA
Vol 6 No 1 (2017): Edisi Maret - Agustus 2017

Pengaruh Berbagai Media terhadap Pertumbuhan Tunas pada Stek Tanaman Puring (Codiaeum variegatum (L.) Bl.) dalam Pembuatan Buku Petunjuk Praktikum Fisiologi Tumbuhan

Setiyadi, Muhammad Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2017

Abstract

Media tanam merupakan tempat hidup tanaman. Secara umum, media tanam harus dapat menyangga perakaran tanaman agar bisa berdiri tegak dan tidak mudah roboh diterpa angin atau gangguan lainnya. puring merupakan salah satu tanaman hias yang berasal dari Indonesia, salah satu cara mengembangbiakkan puring adalah dengan cara vegetatif yakni stek batang . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variasi rasio media yang berpengaruh terhadap pertumbuhan tunas pada stek tanaman puring (Codiaeum variegatum (L.) Bl.) dalam pembuatan buku petunjuk praktikum fisiologi tumbuhan. Rancangan penelitian menggunakan RAL (Rancangan Acak Lengkap).  Pengambilan sampel batang tanaman puring adalah di Lawata, Mataram dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung, dan data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan ANOVA (Analisis Of Variance). Sampel diberikan 5 perlakuan yang berbeda, yaitu kontrol ditanam pada media tanah + pupuk kandang, pemberian perlakuan dengam media pasir, sekam, arang dan serbuk gergaji. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan ANOVA dengan taraf 5% menunjukkan bahwa permberian media yang berbeda tidak berpengaruh nyata pada panjang tunas karena f hitung < f table yakni 2.55 < 3.48, akan tetapi memberikan pengaruh nyata pada jumlah tunas karena f hitung > f table yakni 4.17 > 3.48  sehingga hasil penelitian ini dinyatakan signifikan. Maka dapat disimpulkan bahwa pemberian perlakuan berbagai media berpengaruh terhadap pertumbuhan stek tanaman puring.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

nuansa

Publisher

Subject

Education

Description

Nuansa: Jurnal ilmiah pendidikan berisi tulisan ilmiah tentang pendidikan, inovasi-inovasi pendidikan, dan pemikiran pendidikan dalam bentuk: 1) Hasil penelitian, 2) Gagasan konseptual, 3) Kajian kepustakaan, dan pengalaman praktis ...