NUANSA
Vol 6 No 1 (2017): Edisi Maret - Agustus 2017

Motivasi Belajar Melalui Model ARCS serta Pengaruhnya terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa

Haris, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2017

Abstract

Penelitian ini untuk meningkatkan Motivasi Belajar mahasiswa dengan diterapkannya Model ARCS serta bagaimana Pengaruhnya terhadap Kemandirian Belajar, Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi ganda, yakni tipe analisis hierarchical regression. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa Ada pengaruh yang signifikan dari variabel atau komponen motivasi ekstrinsik mahasiswa sebagai mana model ARCS (attention, relenvance, confidence, satisfaction) kemandirian belajar pada mata kuliah Disain dan Perencanaan Pembelajaran PAI di STAI Al-Amin Dompu. Hal ini ditunjukkan bahwa komponen-komponen motivasi ekstrinsik pada matakuliah Disain dan Perencanaan Pembelajaran PAI adalah sebesar 92,31%, dan Pengaruh yang paling dominan terhadap kemandirian belajar pada matakuliah Disain dan Perencanaan Pembelajaran PAI adalah komponen motivasi ekstrinsik relevance

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

nuansa

Publisher

Subject

Education

Description

Nuansa: Jurnal ilmiah pendidikan berisi tulisan ilmiah tentang pendidikan, inovasi-inovasi pendidikan, dan pemikiran pendidikan dalam bentuk: 1) Hasil penelitian, 2) Gagasan konseptual, 3) Kajian kepustakaan, dan pengalaman praktis ...