Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di salah satu SMA Negeri diKabupaten Kuningan sedangkan sampel adalah siswa kelas XI IPA denganmengambil dua kelas, satu kelas sebagai kelas kontrol dan satu kelas sebagai kelaseksperimen. Dari hasil pembelajaran yang menggunakan metode penemuanterbimbing dan setelah data dianalisis, diperoleh hasil siswa yang mendapatpembelajaran dengan metode penemuan terbimbing memperoleh peningkatankemampuan koneksi matematis yang lebih baik dibanding siswa yang belajarmatematika dengan pembelajaran konvensional. Siswa yang mendapat pembelajarandengan metode penemuan terbimbing memperoleh peningkatan kemampuanpemecahan masalah matematis yang lebih baik dibanding siswa yang belajarmatematika dengan pembelajaran konvensional serta terdapat hubungan yang salingmempengaruhi antara kemampuan koneksi dengan kemampuan pemecahanmasalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran melalui metode penemuanterbimbing.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016