JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
Vol 2 No 1 (2016): Edisi Vol. 2 No. 1 Mei 2016

ANALISIS PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS MAHASISWA PTIK MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Evan Farhan Wahyu Puadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2017

Abstract

Kemampuan koneksi matematis mahasiswa mayoritas belum optimal dalammempelajari matematika diskrit yang merupakan salah satu dasar teori yangmendukung ilmu komputer. Sementara itu, mahasiswa Fakultas Ilmu Komputerumumnya masih menganggap bahwa matematika diskrit adalah mata kuliah yangterparsialkan dari ilmu komputer, sehingga untuk mengubah kenyataan tersebut,diperlukan suatu inovasi dalam perkuliahan, salah satunya adalah denganmengaplikasikan pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui apakah peningkatan kemampuan koneksi matematis mahasiswa yangmemperoleh pembelajaran berbasis masalah berbeda dengan mahasiswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi sistem Informasi di Indonesia, yang setingkat mutunya dengan program studi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Subang jika dilihat dari nilai akreditasi BAN-PT, dan Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Subang yang mengambil mata kuliah Matematika Diskrit (mata kuliah wajib yang diberikan di semester II). Penelitian ini dilakukan terhadap dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen adalah kelompok mahasiswa yang mendapatkan pembelajaran berbasis masalah sedangkan kelompok kontrol adalah kelompok mahasiswa yang yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Desain penelitian berbentuk Pre-test Post-test Control Group Design. Data penelitian dikumpulkan melalui tes dan angket. Hasil penelitian ini adalah (1) peningkatan kemampuan koneksi matematis mahasiswa yang mendapatkan perkuliahan dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah berbeda dengan kemampuan koneksi matematis mahasiswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jumlahku

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics

Description

JUMLAHKU published scientific articles through digital journals in 2015 with issue volume 1 number May 1 2015. The period of publication of this journal is every May and ...