Regina Nurberlian (NIM: 113223036), Penerapan Pendekatan Problem Solving UntukMeningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Matematika merupakansalah satu cabang ilmu pengetahuan yang dapat membentuk siswa berfikir nalar.Salah satu pendekatan yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematissiswa dalam memecahkan suatu masalah adalah pendekatan problem solving(pemecahan masalah). Metode penelitian yang digunakan adalah metodeeksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 5Ciawigebang tahun ajaran 2014/2015 dan sampelnya adalah siswa kelas VII.Asebagai kelas eksperimen dan kelas VII.B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitianmenunjukkan penerapan pendekatan problem solving lebih baik daripada modelpembelajaran konvensional karena dapat meningkatkan kemampuan penalaranmatematis siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata kelaseksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol dimana nilai rata-rata yang awalnyasebesar 40,26 meningkat menjadi 78,40. Sedangkan nilai rata-rata skor responsiswa terhadap pembelajaran matematika dengan pendekatan problem solvingsebesar 3,44 yang menunjukan bahwa respon siswa terhadap pendekatan problemsolving positif
Copyrights © 2015