JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
Vol 1 No 1 (2015): Edisi Vol. 1 No. 1 Mei

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA

Uba Umbara (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya implikasi yangpositif antara representasi matematik siswa dengan RME. Penelitian ini dilaksanakandi MTs Negeri Model Cigugur 2014/2015. Pemilihan sampel diambil secara acaksederhana untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel yangdigunakan pada kelas eksperimen sebanyak 39 orang siswa dan kelas kontrolsebanyak 41 orang siswa. Teknik analisis data menggunakan uji -t untuk mengujihipotesis statistik. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa terdapat perbedaankemampuan representasi matematis siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.Selanjutnya, dari hasil analisis diketahui bahwa kemampuan representasi matematissiswa yang pembelajarannya menggunakan RME lebih baik dari siswa yangmenggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini dimungkin bahwa peningkatankemampuan representasi matematik siswa dipicu oleh RME yang dalam pelaksanaanpembelajarannya selalu memperhatikan prisip dan karakteristik RME.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jumlahku

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics

Description

JUMLAHKU published scientific articles through digital journals in 2015 with issue volume 1 number May 1 2015. The period of publication of this journal is every May and ...