Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya implikasi yangpositif antara representasi matematik siswa dengan RME. Penelitian ini dilaksanakandi MTs Negeri Model Cigugur 2014/2015. Pemilihan sampel diambil secara acaksederhana untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel yangdigunakan pada kelas eksperimen sebanyak 39 orang siswa dan kelas kontrolsebanyak 41 orang siswa. Teknik analisis data menggunakan uji -t untuk mengujihipotesis statistik. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa terdapat perbedaankemampuan representasi matematis siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.Selanjutnya, dari hasil analisis diketahui bahwa kemampuan representasi matematissiswa yang pembelajarannya menggunakan RME lebih baik dari siswa yangmenggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini dimungkin bahwa peningkatankemampuan representasi matematik siswa dipicu oleh RME yang dalam pelaksanaanpembelajarannya selalu memperhatikan prisip dan karakteristik RME.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015