Tujuan dari penelitian ini untuk merancang konsep sistem informasi yang dapat meningkatkan proses transfer informasi dan selaras dengan strategi organisasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif interpretif melalui wawancara, pengamatan dan analisa dokumen untuk proses pengumpulan data dan mencari tahu apa yang menjadi kebutuhan serta permasalahan dalam perusahaan, untuk kemudian akan diberikan rekomendasi berdasarkan teori yang ada. Penelitian menunjukkan bahwa perusahaan membutuhkan sebuah sistem informasi untuk proses transfer informasi yang efektif, namun perusahaan juga memiliki permasalahan budaya organisasi dimana tiap divisi bekerja sendiri-sendiri tanpa koordinasi, untuk kepentingan divisinya sendiri. Budaya organisasi ini nampaknya memiliki sejarah kemunculannya tersendiri. Penelitian juga menunjukkan bahwa struktur organisasi perusahaan belum selaras dengan struktur organisasi grup perusahaan dan kurangnya sosialisasi akan visi misi perusahaan, yang mana hal ini makin mempertajam permasalahan tidak terjadinya proses transfer informasi yang efektif dalam perusahaan. Pada akhir penulisan, akan diberikan rekomendasi untuk membantu perusahaan merancang konsep sistem informasi yang selaras dengan strategi perusahaannya. Demikian pula akan diberikan konsep sistem informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Penelitian ini tidak memberikan kerangka yang lebih mendetail tentang bagaimana bentuk teknis dari sistem informasi itu sendiri, mengingat hal ini membutuhkan pengetahuan secara mendalam tentang teknologi informasi itu sendiri. Penelitian menunjukkan bahwa visi misi perusahaan merupakan dasar utama dalam merancang sebuah sistem informasi dan budaya organisasi menjadi unsur yang perlu dipertimbangkan dalam perancangan konsep sistem informasi tersebut.
Copyrights © 2014