Kinerja instansi pemerintahan adalah gambaran mengenai tingkat pencapaian sasaran ataupun tujuan instansi pemerintahan sebagai penjabaran dari visi dan misi yang mengindikasikan tingkat keberhasilan dalam pelaksanaan kegiatan yang sesuai dengan program dan kebijakan yang ditetapkan.Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap implementasi standar pengukuran kinerja karyawan bagian umum untuk meningkatkan kualitas layanan keluhan masyarakat di Kantor DPRD Propinsi Jawa Timur. Manfaat dari penelitian ini bersifat applied research untuk memberikan rekomendasi mengenai kelemahan yang ada. Temuan dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara penerapan dengan standar yang telah ditetapkan, hal ini menyebabkan kinerja penyedia layanan dan kualitas layanan mengalami penurunan. Terdapat permasalahan dan kelemahan yang muncul dari proses implementasi standar pengukuran kinerja terhadap kualitas layanan yang diberikan. Rekomendasi atas penelitian ini menjelaskan bahwa standar yang menjadi ukuran-ukuran dalam organisasi harus diperbarui pada saat evaluasi rapat tinjauan manajemen agar permasalahan yang muncul dalam penerapan sistem manajemen mutu dapat berjalan teratasi dan menghasilkan kualitas layanan yang baik.
Copyrights © 2014