Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (Jartika)
Vol 1 No 1 (2018): Vol. 1 No. 1 (Januari) 2018

Peningkatan Keterampilan Mendeskripsikan Binatang dengan Bahasa Tulis Menggunakan Media Gambar Binatang Melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas 2 SD

Sahnim, Sahnim (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan mendeskripsi secara tertulis siswa kelas II SD.  Pelaksanaan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebagai salah satu dari bentuk penelitian kualitatif Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus penelitian dengan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pembelajaran melalui pendekatan kontekstual dengan memanfaatkan media gambar binatang dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam mendeskripsi secara tertulis. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian, yaitu Persentase sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 27%, siklus I 45,4%, siklus II 59%, dan pada siklus III mencapai 86,3%. Secar Persentase setelah dilaksanakan evaluasi hasil akhir siklus I 45,4%, siklus II, 59%, dan hasil akhir siklus III adalah 86,3%, atau termasuk dalam kategori sangat baik.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jartika

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA | ISSN 2622-2159 (Online) | ISSN 2622-4763 (Print) )adalah Jurnal Kajian, Penelitian, dan Pengembangan Kependidikan diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Rekarta Mataram bekerjasama dengan UNW Mataram, UIN Mataram, dan UM Mataram. ...