Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan mendeskripsi secara tertulis siswa kelas II SD.  Pelaksanaan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebagai salah satu dari bentuk penelitian kualitatif Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus penelitian dengan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pembelajaran melalui pendekatan kontekstual dengan memanfaatkan media gambar binatang dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam mendeskripsi secara tertulis. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian, yaitu Persentase sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 27%, siklus I 45,4%, siklus II 59%, dan pada siklus III mencapai 86,3%. Secar Persentase setelah dilaksanakan evaluasi hasil akhir siklus I 45,4%, siklus II, 59%, dan hasil akhir siklus III adalah 86,3%, atau termasuk dalam kategori sangat baik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018