Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penguasaan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran group investigation bernuansa outdoor study dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada kelas IV SD Negeri Gugus Jendral Sudirman Denpasar Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel penelitian adalah Kelas IV SD Negeri 6 Sesetan sebagai kelompok eksperimen dan Kelas IV SD Negeri 13 Sesetan sebagai kelompok kontrol. Data yang dikumpulkan dan dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata penguasaan kompetensi pengetahuan IPA pada kelompok eksperimen yaitu 81,93 dan rata-rata kelompok kontrol yaitu 68,37. Setelah diuji dengan uji t, diperoleh t hitung yaitu 5,33 > t tabel 1,980 (taraf signifikansi 5%, dk 46+46-2 = 90), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan model pembelajaran group investigation bernuansa outdoor study terhadap penguasaan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran group investigation bernuansa outdoor study dan  kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional
Copyrights © 2017