JKP (Jurnal Konseling dan Psikoedukasi)
Volume 3, Number 2, December 2018

PENGARUH LAYANAN INFORMASI MANFAAT MENAATI TATA TERTIB SEKOLAH TERHADAP DISIPLIN SISWA DI SEKOLAH PADA KELAS VIII D SMP NEGERI 3 PALU

Clastrifa, yuyun (Unknown)
Munir, Abd (Unknown)
Syahran, Ridwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2018

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh positif disiplin siswa di sekolah sesudah mengikuti layanan informasi manfaat menaati tata tertib sekolah terhadap peningkatan perilaku disiplin siswa. Tujuan penilitian ini menjelaskan pengaruh layanan informasi manfaat menaati tata tertib sekolah dalam meningkatkan disiplin siswa di sekolah. Subjek penelitian ini berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan  untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah angket perilaku disiplin siswa. Data yang diperoleh selanjutnya diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa perilaku disiplin siswa sebelum mengikuti layanan informasi manfaat menaati tata tertib sekolah yaitu : 20% siswa yang memilki perilaku disiplin tinggi, 56,7% siswa yang memilki perilaku disiplin sedang, 16,6 siswa yang memiliki perilaku disiplin rendah, 6,7 siswa yang memilki perilaku disiplin sangat rendah. Sedangkan sesudah mengikuti layanan informasi manfaat menaati tata tertib sekolah maka terjadi peningkatan perilaku disiplin siswa yaitu : 63,3% siswa yang memilki perilaku disiplin tinggi, 36,7 siswa yang memilki perilaku disiplin sedang. Hasil analisis inferensial diperoleh kesimpulan bahwa perilaku disiplin siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Palu ada pengaruh sesudah mengikuti layanan informasi manfaat menaati tata tertib sekolah dibandingkan sebelum mengikuti layanan informasi manfaat menaati tata tertib sekolah.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JKP

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal Konseling dan Psikoedukasi dengan e-ISSN: 2502-4000 merupakan jurnal elektronik dan media komunikasi ilmiah yang berisi ringkasan hasil-hasil penelitian dalam bidang bimbingan dan konseling serta kajian psikologi dalam terapan ilmu pendidikan yang diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu ...