Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh positif disiplin siswa di sekolah sesudah mengikuti layanan informasi manfaat menaati tata tertib sekolah terhadap peningkatan perilaku disiplin siswa. Tujuan penilitian ini menjelaskan pengaruh layanan informasi manfaat menaati tata tertib sekolah dalam meningkatkan disiplin siswa di sekolah. Subjek penelitian ini berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan  untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah angket perilaku disiplin siswa. Data yang diperoleh selanjutnya diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa perilaku disiplin siswa sebelum mengikuti layanan informasi manfaat menaati tata tertib sekolah yaitu : 20% siswa yang memilki perilaku disiplin tinggi, 56,7% siswa yang memilki perilaku disiplin sedang, 16,6 siswa yang memiliki perilaku disiplin rendah, 6,7 siswa yang memilki perilaku disiplin sangat rendah. Sedangkan sesudah mengikuti layanan informasi manfaat menaati tata tertib sekolah maka terjadi peningkatan perilaku disiplin siswa yaitu : 63,3% siswa yang memilki perilaku disiplin tinggi, 36,7 siswa yang memilki perilaku disiplin sedang. Hasil analisis inferensial diperoleh kesimpulan bahwa perilaku disiplin siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Palu ada pengaruh sesudah mengikuti layanan informasi manfaat menaati tata tertib sekolah dibandingkan sebelum mengikuti layanan informasi manfaat menaati tata tertib sekolah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018