JKP (Jurnal Konseling dan Psikoedukasi)
Volume 3, Number 2, December 2018

EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI MENJUNJUNG TINGGI NILAI NOSABATUTU PADA ETNIK KAILI DALAM MENINGKATKAN SIKAP PERSATUAN DIKALANGAN SISWA SMP NEGERI 4 SIGI

Anugrah, Nurul (Unknown)
Thalib, Mansyur (Unknown)
Syahran, Ridwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2018

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah layanan informasi menjunjung tinggi nilai Nosabatutu pada etnik Kaili efektif dalam meningkatkan sikap persatuan dikalangan siswa SMP Negeri 4 Sigi. Tujuan penelitian adalah untuk menjelaskan keefektifan layanan informasi menjunjung tinggi nilai Nosabatutu pada etnik Kaili dalam meningkatkan sikap persatuan dikalangan siswa SMP Negeri 4 Sigi. Subjek penelitian ini berjumlah 30 siswa. Instrumen pengumpulan data adalah angket sikap persatuan dan wawancara. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sikap persatuan sebelum mengikuti layanan informasi menjunjung tinggi nilai Nosabatutu pada etnik Kaili yaitu: 6,7% siswa memiliki sikap persatuan sangat positif, 30% siswa memiliki sikap persatuan positif, 53,3% siswa memiliki sikap persatuan negatif dan 10% siswa memiliki sikap persatuan sangat negatif. Sedangkan sesudah mengikuti layanan informasi menjunjung tinggi nilai Nosabatutu pada etnik Kaili, terjadi peningkatan sikap persatuan dikalangan siswa yaitu: 30% siswa memiliki sikap persatuan sangat positif, 53,3% siswa memiliki sikap persatuan positif dan 16,7% siswa yang memiliki sikap persatuan negatif. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa layanan informasi menjunjung tinggi nilai Nosabatutu pada etnik Kaili efektif dalam meningkatkan sikap persatuan dikalangan siswa SMP Negeri 4 Sigi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JKP

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal Konseling dan Psikoedukasi dengan e-ISSN: 2502-4000 merupakan jurnal elektronik dan media komunikasi ilmiah yang berisi ringkasan hasil-hasil penelitian dalam bidang bimbingan dan konseling serta kajian psikologi dalam terapan ilmu pendidikan yang diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu ...