JKP (Jurnal Konseling dan Psikoedukasi)
Volume 3, Number 2, December 2018

PENGARUH KONSELING KELOMPOK TEKNIK KONTRAK PERILAKU DAN PEMBERIAN PENGUATAN TERHADAP PENGURANGAN KETERLAMBATAN DI SEKOLAH (STUDI SMP NEGERI 4 PALU)

verina, Verina (Unknown)
Thalib, Mansyur (Unknown)
Syahran, Ridwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2018

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah tingkat perilaku datang terlambat ke sekolah siswa sesdudah diberikan layanan konseling kelompok kontrak perilaku dan pemberian penguatan lebih rendah jika dibandingkan dengan sebelum mengikuti konseling kelompok kontrak perilaku dan pemeberian penguatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh konseling kelompok kontrak perilaku dan pemebrian penguatan terhadap penguranagan keterlambatan siswa datang ke sekolah. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment research). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 8 siswa yang memiliki perilaku datang terlambat ke sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah obervasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan rumus wilcoxon sing rank test. Dari perhitungan sebelum diberikan layanan konseling kontrak perilaku dan pemberian penguatan diperoleh dari 8 siswa ada 6 siswa memiliki klafikasi keterlambatan sedang, dan 2 siswa memiliki klafikasi keterlambatan tinggi. Sesudah diberikan layanan konseling kelompok kontrak perilaku dan pemberian penguatan dari 8 siswa ada 6 siswamemiliki klafikasi keterlambatan rendah, dan 2 siswa memiliki klafikasi keterlambatan tsedang. Hal ini menunjukan bahwa perilaku datang terlambat ke sekolah siswa kelas VIII sesudah diberikan layanan konseling kelompok kontrak perilaku dan pemberian penguatan berpengaruh terhadap pengurangan keterlambatan di sekolah. Kata Kunci :Konseling Kelompok Perilaku dan Penguatan, Keterlambatan Di Sekolah

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JKP

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal Konseling dan Psikoedukasi dengan e-ISSN: 2502-4000 merupakan jurnal elektronik dan media komunikasi ilmiah yang berisi ringkasan hasil-hasil penelitian dalam bidang bimbingan dan konseling serta kajian psikologi dalam terapan ilmu pendidikan yang diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu ...