Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh positif layanan informasi penerapan nilai Nosarara pada etnik Kaili terhadap sikap persaudaraan siswa. Tujuan penelitian adalah untuk membuktikan pengaruh positif layanan informasi penerapan nilai Nosarara pada etnik Kaili terhadap sikap persaudaraan siswa. Subjek penelitian ini berjumlah 30 siswa. Instrumen pengumpulan data adalah angket sikap persaudaraan. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sikap persaudaraan sebelum mengikuti layanan informasi penerapan nilai Nosarara pada etnik Kailiyaitu: 3,3% siswa memiliki sikap persaudaraan sangat positif, 43,4% siswa memiliki sikap sikap persaudaraan positif, 50% siswa memiliki sikap persaudaraannegatif dan 3,3% siswa memiliki sikap persaudaraan sangat negatif. Sedangkan sesudah mengikuti layanan informasi penerapan nilai Nosarara pada etnik Kaili, maka terjadi peningkatan sikap persaudaraan siswa yaitu: 36,7% siswa memiliki sikap persaudaraan sangat positif, 43,3% siswa memiliki sikap persaudaraan positif dan 20% siswa memiliki sikap persaudaraan negatif.Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa ada pengaruh positif pemberian layanan informasi penerapan nilai Nosarara pada etnik Kaili terhadap sikap persaudaraan siswa SMA Negeri 2 Sigi.
Copyrights © 2018