Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi
Vol 2, No 1 (2014)

Studi Komparatif Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS antara Moving Class dengan Kelas Menetap di SMP N 1 Kerambitan dan SMP N 2 Tabanan Tahun Pelajaran 2013/2014

Arysandhi, Komang Nova (Unknown)
Meitriana, Made Ary (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang menggunakan penataan lingkungan belajar moving class, (2) motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang menggunakan penataan lingkungan belajar kelas menetap, dan (3) perbedaan yang signifikan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS antara siswa yang menggunakan penataan lingkungan belajar  moving class dengan penataan lingkungan belajar kelas menetap di SMP N 1 Kerambitan dan SMP N 2 Tabanan tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode komparatif. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis Independent-Sample t-test yang diolah dengan program SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rata-rata motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang menggunakan penataan lingkungan belajar moving class sebesar 78,99 tergolong kategori tinggi, (2) rata-rata motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang menggunakan penataan lingkungan belajar kelas menetap sebesar 63,38 tergolong cukup tinggi, dan (3) ada perbedaan yang signifikan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPS antara siswa yang menggunakan penataan lingkungan belajar moving class dengan penataan lingkungan belajar kelas menetap di SMP N 1 Kerambitan dan SMP N 2 Tabanan tahun ajaran 2013/2014, dengan perolehan thitung > ttabel (27,527>1,967).  Kata kunci : kelas menetap, motivasi belajar siswa, moving class.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

EKU

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi offers original articles on economics education. The journal is aimed at publishing and disseminating the results of researches and studies on economics education conducted by researchers, teachers, and practitioners of economic education. ...