International Journal of Community Service Learning
Vol 1, No 1 (2017): May 2017

PELATIHAN PENYUSUNAN RPP TEMATIK INTEGRATIF MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK BAGI GURU-GURU SEKOLAH DASAR GUGUS VIII ABIANSEMAL BADUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Suadnyana, I Nengah (Unknown)
Wiyasa, I Komang Ngurah (Unknown)
Ardana, I Ketut (Unknown)
Putra, DB. Kt. Ngr. Semara (Unknown)
Wulandari, I Gusti Agung Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2017

Abstract

Pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk  meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam menyusun RPP Tematik Integratif dengan menggunakan pendekatan saintifik. Kegiatan ini dilakukan melalui pelatihan penyusunan RPP menggunakan pendekatan saintifik . Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi yang kemudian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa peserta sangat antusias mengikuti pelatihan sehingga dapat menyelesaikan semua tugas yang diberikan. Ada 6 RPP tematik integratif menggunakan pendekatan saintifik sebagai hasil kegiatan pelatihan. Dengan demikian, kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru-guru dalam menyusun RPP pembelajaran tematik terpadu dengan pendekatan saintifik  dan secara real dapat membantu guru-guru untuk menyusun  RPP tematik integratif dengan pendekatan saintifik sesuai dengan kurikulum 2013 di SD Gugus VIII Abiansemal Badung.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

IJCSL

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

International Journal of Community Service Learning is a scientific journal Community Service published by Universitas Pendidikan Ganesha. This journal is published 4 times a year, ie in February, May, August, and November. The article was published on the results of community service related to ...