SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan
Vol 2, No 1 (2018): November

PELATIHAN APLIKASI PERMODELAN KOMPUTER BERBASIS RASH MODEL UNTUK ASSESMENT PENDIDIKAN BAGI GURU-GURU DI PONPES NURUL HARAMAIN PUTRA NARMADA

Johri Sabaryati (Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Muhammadiyah Mataram)
M. Isnaini (Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Muhammadiyah Mataram)
Ilham Ilham (Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas Muhammadiyah Mataram)
Nursina Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2018

Abstract

Ketidakpahaman guru dalam menggunakan aplikasi pemodelan komputer sebagai media pengolahan skor mentah pada hasil ujian penilaian pendidikan menjadi salah satu faktor yang menyebabkan guru menjadi tidak melakukan analisis tes yang digunakan. Sedangkan analisis soal diperlukan untuk memberikan informasi yang sangat lengkap dari abilitas yang dimiliki peserta didik dan pada saat yang sama juga dapat menentukan kualitas soal yang diberikan. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk (1) Memberikan pelatihanaplikasi pemodelan komputer yang dapat membantu guru menganalisis skor mentah dalam kegiatan penilaian pendidikan sehingga dapat memberikan informasi yang akurat tentang abilitas peserta didik maupun kualitas soal yang dikerjakan. (2) Meningkatkan kemampuan guru dalam mengikuti perkembangansoftware simulasi yang ada saat ini. Subyek penelitian ini adalah guru PONPES Nurul Haramaian Putra Narmada Lombok Barat NTB. Dengan objek analsis pelatihan menggunakan aplikasi permodelan computer berbasis Rash Model (software Winsteps). Hasil dari pelatihan pelatihan secara teknis berjalan cukup lancar tanpa ada hambatan yang cukup berarti. Namun ada beberapa permasalahan yang timbul yakni masih ada peserta yang masih kurang mampu dalam menjalankan program computer (Excel) dan software Winsteps karena factor waktu, usia dan usaha.

Copyrights © 2018