Journal of Education Action Research
Vol 1, No 3 (2017): November 2017

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS

Saridewi, N.M Putri (Unknown)
Kusmariyatni, N Nym. (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam setelah penerapan model pembelajaran Scramble siswa kelas IV semester I tahun pelajaran 2016/2017 SD No. 3 Legian. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek seluruh siswa kelas IV SD No. 3 Legian  berjumalah 41 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada dua siklus. Data hasil belajar IPA dikumpulkan  dengan tes hasil belajar IPA dan dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan metode tes. Berdasarkan data yang diperoleh pada siklus I hasil belajar siswa 52,93% berada pada katagori sangat rendah. Pada siklus II hasil belajar siswa 90,24% berada pada katagori sangat tinggi. Terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari sebesar 41,46% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan analisis dan pembahasan, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Scramble dapat efektif meningkatkan hasil belajar IPA pada materi daur hidup beragam jenis makhluk hidup pada kelas IV SD No. 3 Legian

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JEAR

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes ...