Journal of Education Action Research
Vol 2, No 1 (2018): February 2018

Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di Kelas X IPS 1 SMA Negeri 2 Singaraja Bali

Yusniar, Yusniar (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2018

Abstract

Model pembelajaran dan metode mengajar sangat berperan penting dalam proses pembelajaran agar terjaidi interaksi antara guru dan peserta didik. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat mewadahi proses dan aktifitas peserta didik adalah model pembelajaran tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Dengan model Pembelajaran tipe STAD, peserta didik dapat memahami materi pembelajaran dengan mudah dan peserta didik mampu bekerja sama dengan baik.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap penerapan, tahap observasi dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMAN 2 Singaraja yang bejumlah 30 peserta didik, terdiri dari 12 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Teknik pengumpilan data berupa tes. Dari data penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktifitas peserta didik dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran tipe STAD. Pada siklus I hasil belajar peserta didik sebesar  58.1% dan mengalami peningatan pada siklus II yakni sebesar 76%. Jadi dapat disimpiulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran tipe STAD pada materi deskripsi (Tourism Destination) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.Kata Kunci: Student Teams Achievement Division (STAD), hasil belajar peserta didik

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JEAR

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes ...