Journal of Education Action Research
Vol 1, No 3 (2017): November 2017

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERRED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA

Suarmini, Ni Putu (Unknown)
Parmiti, Desak Putu (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD No. 2 Mengwi  tahun pelajaran  2016/2017 setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 2 Mengwi yang berjumlah 26 orang terdiri dari 15 orang laki – laki dan 11 orang perempuan. Data tentang hasil belajar siswa diperoleh dengan menggunakan metode tes. Setelah data dalam penelitian ini diperoleh, selanjutnya data dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif.Hasil yang diperoleh adalah Pada siklus I ketuntasan belajar siswa mencapai 75,38% , dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 75,38. Dari siklus I ke siklus II ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 5,96% yaitu 81,34% dengan rata–rata hasil hasil belajar siswa sebesar 81,34. Maka dapat dinyatakan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD N 2 Mengwi.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JEAR

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes ...