Journal of Education Technology
Vol 1, No 3 (2017)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS IV SDN GUGUS DEWI SARTIKA KECAMATAN DENPASAR SELATAN

Diantari, Kadek Ari (Unknown)
Suniasih, Ni Wayan (Unknown)
Ardana, I Ketut (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Time Token berbantuan media Question Cardterhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SDN Gugus Dewi Sartika Kecamatan Denpasar Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen kuasi (Quasi-Eksperimental Design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SDN Gugus Dewi Sartika Kecamatan Denpasar Selatan. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling pada anggota populasi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes. Data yang dikumpulkan berupa nilai kompetensi pengetahuan IPA yang dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian berdasarkan analisis data,  diperoleh thitung = 4,00 dan dengan taraf signifikan 5% (dk = 86) diperoleh harga ttabel = 2,00 maka H0 yang menyatakan tidak terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara siswa kelas IV yang mengikuti model pembelajaran Time Token berbantuan media Question Card dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di SDN Gugus Dewi Sartika Kecamatan Denpasar Selatan ditolak, dan rerata kompetensi pengetahuan IPA yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran Time Token berbantuan media Question Card, yaitu 82,27 dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, yaitu 71,77. Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Time Token berbantuan media Question Cardterhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV Gugus Dewi Sartika Kecamatan Denpasar Selatan.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JET

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Journal of Education Technology p-ISSN : 2549-4856, e-ISSN : 2549-8290 is a publication of research results and scientific thoughts in the fields of education, learning, evaluation, innovation including the development and implementation of new technologies in education and ...