Jurnal EDUTECH Undiksha
Vol 1, No 2 (2013): Edisi Juli 2013

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SEMESTER GENAP DI SD NEGERI 6 PANJER TAHUN PELAJARAN2012/2013

I Gde Wawan Sudatha, Dewa Nyoman Trisna Pradnyana, I Made Tegeh, (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2013

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah nilai siswa dalam pelajaran Matematika rendah, pembelajaranbersifat konvensional, dan multimedia interaktif yang mendukung pada mata pelajaran Matematika belumtersedia.Tujuan penelitian ini adalah 1) menggambarkan proses rancang bangun multimedia interaktifpada mata pelajaran matematika kelas V semester genap di SDNegeri6 Panjer, dan 2) mengetahui hasilvalidasi multimedia interaktif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research anddevelopment). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Langkah-langkahpengembangannya meliputi: analisis, perancangan, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Setelahmencapai tahap pengembangan dihasilkan produk awal kemudian divalidasi oleh seorang ahli isi matapelajaran, ahli desain pembelajaran, dan ahli media pembelajaran.Selanjutnya produk diujicobakankepada siswa melalui tiga tahap, yaitu uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji cobalapangan.Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodeangket/kuesioner.Pada penelitian ini, kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data hasil review ahlidan uji coba siswa.Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptifkuantitatif.Hasil penelitian menunjukan proses rancang bangun Multimedia Interaktif terdiri dari limatahapan model ADDIE yaitu analisis, perancangan, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Hasilvalidasimultimedia interaktif dari: 1) uji ahli isi berada pada nilai 93,3% (sangat baik); 2) uji ahli desainpembelajaran pada nilai 90% (sangat baik); 3) uji ahli media pembelajaran pada nilai 88,75% (baik); 4) ujicoba perorangan pada nilai 96,06% (sangat baik); 5) uji kelompok kecil pada nilai 90,92 (sangat baik); 6)uji coba lapangan berada pada nilai 90,62% (sangat baik).Kata Kunci: pengembangan, model ADDIE, multimedia interaktif

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JEU

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Edutech Undiksha adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh jurusan teknologi pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang pendidikan dan pembelajaran ...