Abstrak Masalah yang ditemukan di SD Negeri 3 Kalianget yakni masih rendahnya hasil belajar Agama Hindu siswa kelas II dan belum adanya media pembelajaran interaktif dalam proses pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan desain pengembangan multimedia pembelajaran dengan materi tempat suci pada mata pelajaran agama hindu kelas II di SDN 3 Kalianget dan (2) mengetahui kualitas hasil pengembangan multimedia pembelajaran menurut validasi ahli, uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji lapangan. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan produk Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK), yang dikembangkan oleh Luther. Adapun langkah-langkah pengembangan model luther adalah; a) Concep, b) Design, c) Collecting materials, d) Assembly, e) Tes Drive, g) Distribution. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket yang selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitatif Desain Pengembangan CD multimedia interaktif ini terdiri dari melakukan analisis kebutuhan dilanjutkan dengan mengembangkan Flowchart, Storyboard serta produk multimedia pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan (1) uji ahli isi mata pelajaran Agama Hindu berada pada kualifikasi sangat baik (persentase = 93,3%), (2) uji ahli media pembelajaran berada pada kualifikasi baik (persentase = 85%), (3) uji ahli desain Multimedia pembelajaran berada pada kualifikasi cukup (persentase = 70%), (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik (persentase = 90,56%), uji kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik (persentase = 91,38%), uji coba lapangan berada pada kualifikasi sangat baik (persentase = (91,34%).  Kata kunci : pengembangan, model PBK , multimedia pembelajaran
Copyrights © 2013